WASPADA CURAH HUJAN TINGGI BULAN DESEMBER 2017 s.d JANUARI 2018

     Waspada terhadap curah hujan tinggi disertai angin yang dapat menyebabkan pohon tumbang,  genangan air, banjir ataupun tanah longsor, puncak musim hujan di beberapa wilayah bagian timur  indonesia diprediksi mulai dari bulan Desember 2017 sampai dengan bulan Februari 2018, khususnya wilayah Sumatera, Jawa dan Bali (BMKG Pusat)
Tips aman dari bahaya yang ditimbulkan saat hujan :
  1. Berdoa kepada Allah Swt, semoga terhindar dari segala marabahaya.
  2. Bagi pejalan kaki : Tidak berlindung dibawah pohon besar, saat hujan disertai petir, Membawa payung/ jas hujan/ atau semacamnya yang membuat diri kamu terlindungi dari hujan.
  3. Bagi nelayan , waspada pada kenaikan gelombang bagi yang melaut, jika gelombang semakin tinggi sebaiknya menunda penangkapan ikan secara tradisional.
  4. Bagi anda yang sedang berkendara, kurangi kecepatan, beri jarak dengan pengendara lain,cek rem, ban dan mesin mobil sebelum berangkat, nyalakan lampu mobil, hati hati terhadap jalan yg digenangi air jika perlu jangan diterjang, perhatikan pejalan kaki, hilangkan embun dari kaca, waspada saat 30 menit pertama, jangan ngebut, hindari mengunakan lampu hazard, menepilah saat hujan semakin lebat namun jangan dibawa pohon.
  5. Bagi anda yang sedang dirumah, cek lokasi yang bocor jangan sampai mengenai listrik, perabotan ataupun benda/ makanan yang sedang ada dirumah, pastikan selokan berfungsi agar tidak banjir, hindari penggunaan telp kabel, hindari dinding dan beton.
  6. Bagi anda yang sedang menggunakan internet, jika matikan jaringan internet, lepaskan kabel modem yang terhubung ke arus listrik, cabutlah kabel jaringan yang biasanya berada dibelakang modem
Fenomena yang mempengaruhi iklim di indonesia :
  1. El Nino dan La Nina 
  2. Dipole Mode
  3. Sirkulasi Muson Asia - Australia
  4. Daerah pertemuan angin antar tropis 
  5. Suhu permukaan laut wilayah indonesia
     Wilayah negara indonesia yang didominasi oleh selat dan teluk menyebabkan rentan terhadap perubahan iklim dan cuaca, wilayah indonesia juga berada pada zona yang strategis, terletak di daerah tropis, diantara benua asia dan australia, diantara samudera pasifik dan samudera hindia, serta garis katulistiwa, terdiri dari pulau dan kepulauan yang membujur dari barat hingga timur.
      
INGAT !!!! Berhati - hatilah saat hujan lebat, namun semua kembali kepada sang pencipta... 

Posting Komentar

0 Komentar